Senin, 04 Februari 2019

Penyajian Data Tabel Dan Grafik

Image result for penyajian data dengan tabel 

Tabel merupakan media penyajian data yang sering digunakan, tidak hanya dalam bidang statistik murni, tetapi juga dalam bidang-bidang keilmuan Lainnya.

Tujuan Penyajian Data  
Penyajian data mempunyai dua tujuan ( Ferguson dan Takane, 1998: 16 ), yaitu:
1.      Pertama, penyajian data memudahkan dalam membaca dan memahami data.
Data mentah yang tidak beraturan sulit dibaca dan dipahami. Dengan menyajikannya dalam bentuk tabel atau gambar maka penampilan dan gambaran data lebih mudah dibaca dan dipahami.
2.      Kedua, penyajian data memudahkan dalam menganalisis data.
Data mentah yang belum tersusun dengan baik memerlukan waktu yang lama dan sulit untuk dianalisis. Dengan menyusunnya dalam bentuk yang lebih teratur maka data lebih mudah dianalisis.
Jenis-jenis metode tabel 


1. Tabel Satu Arah 
          Tabel satu arah adalah tabel yang memuat keterangan mengenai satu hal atau satu karakteristik saja. karakteristik yang ditunjukkan bisa berupa jumlah, frekuensi, ukuran, kadar/persentasi, dan lain sebagainya. Ini merupakan bentuk tabel yang paling sederhana dan paling mudah dibuat. Misalnya :

 Jumlah siswa setiap kelas di SMP Negeri 2 Bekasi tahun 2019

 
Sumber: Hasil pengolahan data (2019)

2. Tabel Dua Arah  
           Tabel dua arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara dua hal atau karakteristik. Misalnya data jumlah penduduk menurut umur dan jenis kelamin, asal daerah dan agama, jumlah mahasiswa menurut jurusan dan jenis kelamin, dan lain sebagainya.

Jumlah Mahasiswa STMIK Bina Insani menurut tingkat dan jurusan Tahun 2019

 
 Sumber: Hasil pengolahan data (2019)

3. Tabel Tiga Arah 
              Tabel tiga arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara tiga hal atau tiga karakteristik. Misalnya data mahasiswa menurut jenis kelamin, asal daerah, dan jurusan, data jumlah penduduk menurut kecamatan, kelompok umur dan jenis kelamin, data petani padi menurut kategori luas lahan, umur, dan jenis kelamin, dan masih banyak contoh tabel 3 arah lainnya.

Jumlah karyawan perusahaan YZ menurut bagian kerja, jenis kelamin, dan pendidikan tertinggi yang ditamatkan Tahun 2017 


Penyajian Data Dengan Grafik

Grafik merupakan suatu rangka yang digunakan untuk membentuk objek visualisasi dari data sebuah table. Data dalam table yang dimaksut disini ialah data yang terdiri dari angka-angka dan dapat kita tampilkan ke dalam bentuk gambar.

1. Grafik Garis 
          Grafik garis secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single line chart yang terdiri dari satu garis saja dan multiple line chart yang terdiri dari beberapa garis. Garfik garis baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa garis sangat berguna untuk menggambarkan perkembangan suatu kegiatan. Umumnya grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk time series yang sekaligus bisa dilihat trend-nya. 

 Jumlah siswa setiap kelas di SMP Negeri 2 Bekasi tahun 2019
 
 

2. Grafik Batang
           Grafik batang/balok (BarChart) secara umum dibagi menjadi dua bagian yaiutu single Barchart yang terdiri dari satu batang saja dan multiple Barchart yang terdiri dari beberapa batang. Grafik batang baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa batang sangat beguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan


Sumber  
  • https://herlawati.com/2019/02/03/penyajian-data-dengan-tabel-dan-grafik-ti-17a-ti-17b-si-18a-mi_18a/
  • http://eijuntwenty.blogspot.com/2014/05/jenis-jenis-tabel.html 
  • http://evendimuhtar.blogspot.com/2015/07/teknik-penyajian-data.html 
  • https://www.dictio.id/t/apa-saja-macam-macam-penyajian-data-dalam-bentuk-grafik/12803


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perkenalan Yang Telat

Assalamualaikum.. Apakabar teman-teman, semoga kalian semua yang lagi baca blogku ini baik-baik saja ya dan selalu dalam lindungan Alla...